Ini Keunggulan Cetak Sablon yang Tidak Bisa Disaingi oleh Digital Printing


Percetakan saat ini merupakan bagian dari siklus industri yang keberadaannya mutlak diperlukan. Dapat dipastikan seluruh yang ada di sekitar kita selalu terdapat hasil cetak baik media kertas, kaca, maupun, plastik. Begitu pentingnya keberadaan percetakan hingga banyak dimunculkan berbagai jenis cetak untuk tujuan yang berbeda-beda. Terlebih dengan diperkenalkannya sistem cetak digital atau digital printing, suatau terobosan dalam industri percetakan yang dengan cepat menggerus percetakan offset. Percetakan digital ini disebut-sebut telah banyak membantu dalam percepatan industri terutama industri makanan dan obat-obatan. Dapat dikatakan, digital printing merupakan ancaman serius terhadap percetakan yang masih konvensional, termasuk percetakan sablon. Tetapi benarkah cetak sablon dapat dilumpuhkan karena keberadaan digital printing?

Ini Keunggulan Cetak Sablon yang Tidak Bisa Disaingi oleh Digital Printing

Cetak sablon, walaupun dikerjakan dengan tangan, keberadaannya masih tetap dicari para pelanggan. Keunggulan cetak sablon terhadap digital printing sebenarnya justru terletak pada pengerjaannya yang masih manual ini. Percetakan yang seluruhnya diatur secara manual ini telah menciptakan terobosan yang tidak dapat diikuti oleh digital printing. Di samping itu, kekuatan pada tinta benar-benar membuat para pelanggan terkesan dan sulit dialihkan ke digital printing. Dalam beberapa hal, digital printing mampu mencetak banyak dalam waktu singkat, suatu hal yang sulit dilakukan oleh cetak sablon. Tetapi, para pelanggan selalu memiliki cara untuk memilih berdasarkan selera dan mode yang sedang berkembang.

Keunggulan Cetak Sablon Terhadap Digital Printing

Sistem cetak sablon biasanya akrab dikaitkan dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan desain kaos oblong, tas, atau topi. Meski kenyataan ini tak dapat dipungkiri, namun sejatinya cetak sablon masih memiliki keunggulan yang tidak mampu disaingi oleh digital printing. Bahkan cetak sablon yang menggunakan mesin pun (DTG-Direct to Garment) tak mampu menyaingi keunggulan kualitas dari cetak sablon manual ini. Berikut keunggulan cetak sablon.

1. Kualitas

Pada percetakan di media kain, seperti kaos, topi, atau tas, cetak sablon manual benar-benar perkasa dan tak ada sistem cetak yang mampu menyainginya. Pemilihan tinta dapat dimodifikasi sedemikian rupa hingga terciptanya tinta unik yang hanya terdapat pada hasil cetakan sablon, seperti tinta karet, tinta timbul, tinta menyala dsan keunggulan yang lain. Bahkan cetak sabon digital yang menggunakan mesin DTG-pun kualitasnya masih jauh tertinggal. Walapun sama-sama sablon, tinta cetak sablon manual sangat kokoh dan cemerlang yang menjadikannya tidak pudar dan tidak mudah luntur. Sebenarnya digital printing juga bisa mencetak di atas kain, akan tetapi kualitas tinta sangat rendah. Hal ini ditandai dengan warna yang pucat dan pudar.

2. Mampu Mencetak Disemua Media

Cetak sablon merupakan satu-satunya sistem cetak yang mampu mencetak di semua media, termasuk kaca, logam, kain, plastik, karet, kulit, gelas, kertas, piring, maupun media kecil dan rumit sekalipun. Perhatikan cetakan pada gelas atau piring di sekitar Anda, mampukah digital printing atau offset melakukannya? Jawabanya, tidak. Hanya cetak sablon yang mampu melakukannya. Bahkan cetak sablon mampu mencetak di media yang kecil seperti gantungan kunci atau pernak-pernik lainnya.

3. Murah

Di luar segala kemampuan itu, cetak sablon ternyata berharga murah. Hampir semua pelaku jasa percetakan sablon menawarkan harga jauh di bawah harga digital printing atau offset. Hal ini disebabkan karena ongkos produksi percetakan sablon yang memang terkenal murah. Satu-satunya ongkos produksi pada sistem cetak sablon hanyalah tinta dan tenaga yang mengoperasikan. Kesederhanaan dan keungulan inilah yang menjadikan cetak sablon tetap digeluti oleh para pelaku jasa percetakan serta masyarakat yang membutuhkan jasa percetakan untuk tali lanyard