Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan


Supermallkl.com – Di dunia percetakan, bukan hanya kualitas hardware (salah satunya printer) saja yang wajib harus jadi perhatian buat menambah kualitas hasil cetak, namun juga karakter jenis kertas tersebut. Semisalnya untuk membuat gambar dengan resolusi tinggi, kamu tak dapat gunakan macam kertas dengan karakter yang tipis dan permukaan kasar, lantaran selanjutnya hasil bikin kamu tak sesuai yang kamu harapkan.

Karakter jenis kertas seperti dimensi (panjang, lebar, dan tebal), kerataan permukaan, dan kecocokan kertas dengan tinta yang dipakai ialah hal yang wajib diperhatikan, kenapa? Lantaran setiap hasil rancangan yang mau dibuat dan hasil yang diharapkan harus sesuai. Bila tidak, kamu akan lihat hasil cetak yang tidak sesuai harapan.

Jenis Kertas dalam Dunia Percetakan

Kamu dapat tentukan macam kertas apa yang mau kamu pakai dengan ketahui karakterya. mulai dari kertas HVS sampai kertas glossy.

Dengan mengetahui jenisnya, kamu dapat mendapati kualitas hasil bikin yang baik dan meminimalkan cost pengeluaran. Karena dengan menentukan macam kertas yang cukup dengan hasil yang kamu harapkan, kamu tidak perlu memilih kertas yang kualitas lebih dari cukup lantaran biaya kertas itu pastinya semakin tinggi dan kamu akan mengeluarkan biaya yang tak semestinya kamu keluarkan.

7  Jenis Kertas Dunia Percetakan

1. Art Paper dan Art Carton

Art paper ini dikatakan sebagai kertas HVS premium lantaran mempunyai permukaan yang licin. Kebanyakan, art paper dipakai untuk membuat leaflet, poster, dan pamflet. Ukuran art paper cukup banyak variasi, sama halnya seperti kertas HVS. Setelah itu, berat kertas art paper kebanyakan mulai dari 85 gram hingga 150 gram.

Ada juga art carton yang memiliki susunan bahan serupa dengan art paper, namun lebih tebal serta lebih berat. Art carton ini kebanyakan dipakai buat membuat kalendar, kartu nama, kartu undangan, atau brosur. Berat kertas art carton yang kerap dipakai mulai dari 190 gram hingga 400 gram.

 

2. HVS

Kertas yang paling kerap dipakai jasa foto copy dan kertas buat dokumen ini mudah dikenali lantaran strukturnya yang tidak demikian lembut. Kertas HVS dibikin dari bubur kertas yang tak punya kandungan lignin atau perekat antar serat di dalam pohon. Kertas HVS pula dipisah ke dalam beberapa definisi, mulai dari ukuran A0 hingga A10 dan berat 70 gram hingga 310 gram.

 

3. Ivory

Bila kerap bikin dan membuat poster, pastinya kamu telah dekat dengan kertas ivory. Kertas ivory ini nyaris serupa dengan art paper dan art carton. Pembedanya, warna kertas ivory tak seputih atau seterang art paper atau art carton. Lebih-lebih lagi, kertas ivory ini cuma memiliki satu permukaan yang licin. Tidak cuman poster, kertas ini pun dipakai buat membuat buku jadwal dan kertas paket produk.

 

4. Fancy Paper

Macam kertas satu ini kebanyakan jadi pilihan bila tak ada art paper atau art carton buat bikin kartu undangan, atau kartu perkataan selamat. Bahkan juga fancy paper pula kerap dipakai buat kerajinan tangan atau material rancangan grafis lantaran beratnya yang lebih sesuai bila ketimbang dengan kertas lain. Ukuran dari fancy paper ini ialah A4 dan A3, dengan tebal 180 gram hingga 230 gram.

 

5. Kertas Jasmine

Kertas jasmine ialah kertas premium yang sering jadi pilihan buat pengerjaan undangan. Karakter kertasnya relatif tebal dan sedikit ada efek glitter beberapa warna. harga dari kertas jasmine ini pun tambah mahal dibanding art paper atau fancy paper.

 

6. Kertas Glossy

Kertas glossy populer menjadi kertas yang sesuai dipakai buat membuat photo. Kertas ini memiliki macam permukaan putih mengkilat, maka sesuai dipakai buat membuat photo. Kertas glossy terbagi ke beberapa macam, yaitu sticker glossy foto paper (buat membuat stiker) dan premium glossy foto paper (buat membuat photo memiliki kualitas tinggi).

 

7. Kertas Buffalo

Kertas yang paling banyak dipakai seusai kertas HVS ialah kertas buffalo. Kebanyakan, kertas ini dipakai buat cover jadwal, makalah, bahkan juga buku. Biasanya, kertas ini dipasarkan dengan berat mulai dari 220 gram dan 250 gram. Dengan warna yang beraneka, wajar bila kertas ini kerap jadi pilihan bahan buat membuat cover dokumen.