Tips Memilih dan Instalasi Pemasangan Tandor Air untuk Rumah


Air adalah salah satu keperluan penting yang wajib tetap tersedia di rumah. Mempersiapkan stock air memanglah bukan persoalan mudah. Kamu harus mempersiapkan instalasi yang ideal agar air tetap tersedia di rumah. Nah, tentu saja Kamu mesti tahu bagaimana caranya menentukan serta memasang tandon air yang tepat.

tandon air 2

Tandon air (umumnya dikatakan bak atau toren) ialah media penyimpanan air yang kemampuannya berkisar di antara ratusan sampai ribuan liter. Sebelum Kamu memasang tandon air, Kamu harus tahu bagaimanakah caranya menentukan tipe yang tepat untuk rumah. Yuk baca tips-nya di bawah!

 

Ketahui Ciri Tandon Air Bermutu

Hal pertama yang perlu Kamu ketahui ialah mengenal ciri tandon air bermutu. Beberapa ciri yang wajib ada di tandon pilihan Kamu diantaranya:

  • Material bak air terbagi dalam beberapa lapis hingga daya tahannya lebih kuat jika dipakai dengan waktu lama.
  • Tahan pada pergantian suhu ekstrem hingga tidak gampang bocor.
  • Tahan benturan keras serta guncangan bertaraf besar (anti gempa).
  • Permukaan sisi dalamnya memiliki tekstur licin agar gampang dibersihkan.
  • Tutupnya berulir supaya tidak keras serta gampang dibuka tutup.

 

Mengenali Jenisnya Menurut Bahan

Ada beberapa macam tandon air menurut bahan penyusunnya, yakni:

  • Toren fiberglass: kurang tahan pada paparan cahaya matahari, gampang retak karena benturan, anti karat.
  • Toren stainless steel: dapat mengakibatkan pergantian suhu air, tidak bertahan lama bila dipakai menyimpan air tanah, ongkos perawatan sangatlah mahal.
  • Toren plastik: berbahan elastis sehingga tahan benturan tapi penampilannya kurang mempesona.

 

Mengenali Keperluan Air di rumah Tangga Kamu

Sesudah memasang tandon, Kamu harus juga mengenali keperluan air di rumah. Ini penting untuk menolong Kamu memastikan ukuran tandon yang akan dipakai. rumah tangga yang terdiri dari keluarga besar pasti perlu air semakin banyak dibanding rumah tangga kecil yang cuma mempunyai satu atau 2 orang anak saja. Pastikan jika kemampuan tandon air yang Kamu pilih telah sesuai dengan keperluan.

 

Mengecek Kemampuan Struktur rumah

Umumnya tandon air diletakkan pada sisi atas rumah agar tidak mengganggu kesibukan. Tetapi, beberapa orang yang mempunyai halaman luas juga dapat memposisikan tandon di luar rumah dengan memakai penyangga dari beton atau besi. Jika Kamu mampu meletakkannya di sisi atas rumah, periksalah kemampuan struktur bangunan dengan teliti. Semakin tinggi tempat tandon, maka semakin banyak juga bebannya untuk rumah. Kamu harus pastikan jika struktur rumah betul-betul kuat menampung beban air.

 

Mempersiapkan Alas Tandon yang Datar

Pastikan jika alas tandon datar dan bersih. Jangan sampai ada batu atau kerikil yang mengganjal di dasarnya. Tiap 1.000 liter air mempunyai beban kira-kira 1 ton. Jangan sampai beban berat itu membuat struktur rumah atau penyangganya berubah bentuk.

 

Mengendalikan Ketinggian Tandon Air dengan cara Tepat

Kamu harus mengontrol ketinggian tandon air dengan cara tepat sebelum memasangnya. Beberapa tempat ketinggian tandon air yang kerap dipilih orang yakni:

Tinggi 2-3meter: tekanan air benar-benar kecil maka dari itu jumlah air yang dibuat kurang lebih 3-5 liter per menit.

Tinggi 4-6 meter: sebagian besar rumah memposisikan tandon air di ketinggian ini. Tekanannya lumayan untuk melepaskan air (dengan nozzle) sampai jarak 5 meter.

Tinggi lebih dari 7 meter: tekanannya termasuk besar sehingga dapat menghidupkan water heater tanpa ada pertolongan pompa air.

 

Memastikan Skema Instalasi Tandon

Ada dua tipe instalasi yang bisa dipakai untuk tandon, yakni:

  • Skema instalasi memercayakan air PAM yang ditata dengan pelampung berupa bola. Bila menentukan skema ini, Kamu tidak mesti ribet memasang pompa air sebab tekanan air PAM akan membuat air langsung mengisi tandon.

 

  • Skema instalasi memakai bak penampung atau sumur bor yang memerlukan pompa dan pelampung radar. Pemakaian pelampung radar berperan menghidupkan serta menon-aktifkan pompa saat tandon telah terisi penuh.

 

Baca juga : Cara Memasang Tandon Air

 

Terakhir, perlu diingat memasang pipa ventilasi untuk mengendalikan perputaran udara dengan tandon air. Rupanya tidak susah kan untuk menempatkan tandon air sesudah ketahui triknya. Sudahkah Kamu mempersiapkan tandon air serta instalasi bermutu untuk penuhi tersedianya air di rumah?