Yakin Keselamatan Kerja Anda Sudah Terjamin? Perhatikan dulu Alat Penunjang Ini


 Keselamatan Kerja

Selalu ada resiko dalam pekerjaan apapun yang anda geluti. Apaplagi bila pekerjaan mengharuskan berada diluar ruangan dan mengharuskan bekerja dengan menggunakan peralatan safety. Bekerja di area konstruksi bangunan adalah termasuk salah satu jenis pekerjaan yang beresiko. Mengendalikan berbagai alat berat seperti Tampping Rammer, Vibrator Exen, Jack Hammer, memerlukan kehati-hatian tersendiri. Oleh karena itu ketika sedang menggunakannya, pekerja wajib memakai safety boots, safety hat, sarung tangan dan berbagai alat keselamatan kerja.

Alat Keselamatan Kerja di Wilayah Konstruksi

Seyogyanya setiap lokasi kerja konstruksi memberlakukan APD atau Alat Perlindungan Diri untuk melindungi pekerja ketika sedang berada di lokasi. APD adalah beberapa kelengkapan bagi pekerja untuk menjaga keselamatan di area kerja. Hal ini bahkan sudah dicanangkan oleh pemerintah, sehingga tiap perusahaan perlu mengadakan alat APD sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Helm Keselamatan

Safety helmet ini berfungsi sebagai pelindung kepala. Helm ditempat konstruksi lebih tebal dan tahan segala hambatan seperti radiasi, api, suhu ekstrem, Benda tajam, benturan dan masih bayak lagi.

2. Sabuk dan tali Keselamatan

Bekerja di gedung bertingkat atau tinggi maka gunakan safety rope agar tetap aman. Walaupun sudah banyak perusahan yang mewajibkan pemakaiannya keselamatan sehari-hari . Naik melalui tingkat tangga tersusun rapi dengan rangkaian alat keamanan yang perlu digunakan saat memanjat. Alat seperti dari harness, safety rope, lanyard,  untuk keamanan kerja diltempat kerja.

3. Sepatu Boot

Kadang perusahaan menunjuk provider tertentu untuk memberikan perlindungan dari benda tajam, jatuh, benda berat atau benturan. Jenis sepatu ini memberikan keamanan diarea konstruksi yang berbahaya.

4. Masker

Lindungi organ dalam anda dengan menyaringnya terlebih dahulu dengan masker yang tepat. Organ pernafasan memerlukan masker yang handal untuk menghalau semua mikro-organisme, partikel debu, bahan kimia, uap, asap, ataupun gas yang berbahaya. Masker berbentuk respirator, katrit, kanister, regulator, dan alat pembantu lainnya sesuai standar keselamatan kerja yang berhubungan dengan bahan kimia.

5. Penutup telinga

Lindungi telinga dari polusi suara di area konstruksi. Terutama ketika menggerakan alat berat seperti vibrator exen, concreate plate, alat pemadat dan masih banyak alat berat lainnya yang menyebabkan suara bising yang mengganggu.

6. Kacamata Pengaman

Alat pelindung yang berfungsi menjaga mata dari aneka benda kecil atau besar yang dapat membuat mata iritasi atau sakit.

7. Sarung Tangan

Menggerakan mesin, memindahkan batu atau memotong kayu. Semua membutuhkan kesigapan tangan yang kuat. Namun untuk lenghidari hal yang tidak diinginkan perlu menggunakan sarung tangan dan melindungi kecelakaan.

Selain tempat kerja mewajibkan adanya fasilitas APD namun harus juga dipastikan bahwa semua peralatan berfungsi dengan benar. Beberapa alat bahkan memiliki tanggal kadaluarsa dan masa pakai terbatas. Oleh karena itu pengadaan APD adalah wajib bagi perusahaan.