Yu Belajar Tentang Flowchart Algoritma


Yu Belajar Tentang Flowchart Algoritma

Di zaman yang serba digital ini banyak pekerjaan yang membutuhkan seorang ahli komputer. Tak heran bila sekarang ini berbagai jurusan yang berbau komputer jadi rebutan banyak orang, mulai dari jurusan Ilmu Komputer, Teknik Komputer, maupun Teknik Informatika. Berbagai jurusan tersebut mulai naik daun dan dianggap hebat oleh masyarakat. Hal ini menjadi tanggung jawab berat bagi para mahasiswa komputer sendiri. Sayang kenyataannya tidak semua mahasiswa komputer hebat dibidangnya, bahkan ada diantara mereka yang tidak tahu atau tidak bisa membuat flowchart algoritma, padahal hal ini merupakan pelajaran paling dasar dalam bidang komputer yang harus diketahui semua mahasiswa komputer sebelum belajar membuat program. Artikel kali ini akan membantu anda para mahasiswa komputer atau masyarakat umum untuk mengenal lebih dalam lagi tentang flowchart. Simak penjelasan di bawah ini ya.

Pengertian Flowchart Algoritma

Flowchart algoritma atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan diagram alir. Jenis Algoritma tersebut merupakan suatu diagram yang menggambarkan proses dalam sebuah program yang digambarkan dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. Mudahnya begini, diagram ini menggambarkan urutan dari awal hingga akhir (mulai-selesai) dalam pemecahan sebuah masalah. Dengan menggunakan diagram alir atau flowchart ini anda akan lebih mudah dalam membuat rancangan program atau memahami jalannya sebuah program.

Perlu anda ketahui bahwa membuat sebuah jenis algoritma yang satu ini tidaklah mudah, dalam proses pembuatan flowchart ada simbol-simbol berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Anda harus mengetahui hal-hal tersebut sebelum memutuskan membuat sebuah flowchart. Berikut penjelasannya.

Simbol Dasar Flowchart Algoritma

1. Simbol penghubung (connecting line) atau flow direction symbol, sesuai namanya simbol ini merupakan simbol penghubung antara satu simbol dengan simbol lainnya.

Yu Belajar Tentang Flowchart Algoritma

2. Simbol proses atau processing symbol, merupakan simbol yang digunakan untuk menunjukkan jenis operasi tertentu.

Yu Belajar Tentang Flowchart Algoritma

3. Simbol masukan dan keluaran (I/O atau Input-Output Symbol), merupakan simbol untuk menyatakan masukan dan keluaran yang digunakan dalam sistem.

Yu Belajar Tentang Flowchart Algoritma

Simak Selengkapnya : Pentingnya Memahami Lebih Jauh Apa Itu RAM Komputer

Sudah cukup jelaskan mengenai simbol-simbol flowchart algoritma beserta fungsinya? Masih bingung bagaimana tahapan membuat flowchart yang benar? Berikut beberapa pedoman dalam membuat flowchart.

Pedoman Dasar Membuat Flowchart Algoritma

1. Flowchart selalu dibuat dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.

2. Flowchart selalu memiliki waktu mulai dan akhir yang jelas.

3. Selalu perhatikan ruang lingkup dan range dari aktivitas termasuk perulangan dan percabangan.

4. Selalu perhatikan tata urutan dan penggunaan simbol yang benar.

Nah selanjutnya untuk memperdalam pemahaman anda berikut contoh dari flowchart  sederhana tentang menghitung luas persegi panjang.

Contoh dari Flowchart Algoritma atau Diagram Alir

Yu Belajar Tentang Flowchart Algoritma

Flowchart di atas sudah cukup sederhana namun di sini saya akan sedikit memberikan penjabaran bagi anda.

Flowchart selalu dimulai dan diakhiri dengan penggunaan simbol terminal sebagai tanda permulaan dan akhir suatu program.

– Simbol I/O di atas digunakan untuk mendefinisikan masukan dan keluaran. Masukan yang dimaksud adalah Input Alas dan Input Tinggi, kemudian keluaran atau output yang akan ditampilkan merupakan Luas yang merupakan hasil dari proses sebelumnya.

– Simbol Proses di atas berisikan rumus luas segitiga yaitu Luas diperoleh dari hasil perkalian antara nilai masukan alas dikali dengan tinggi kemudian dibagi dua. Nilai dari hasil perhitungan ini ditampilkan pada simbol I/O yaitu tampilkan luas.

Cukup sederhana bukan? Anda bisa belajar membuat flowchart sendiri untuk menambah pengetahuan anda. Terus berlatih dan selamat belajar menjadi programer komputer yang handal.